04 Mar 2019

5 Alasan pentingnya penjualan online bagi UMKM, sangat cocok bagi yang baru mulai usaha

Perkembangan teknologi digital yang begitu massif menjadikan perubahan di berbagai sektor kehidupan manusia, mulai sosial, politik, budaya, hankam dan tentunya pada bidang usaha. Perkembangan teknologi digital ini tentunya di dukung dengan perkembangan internet, sehingga dalam bidang usaha kegiatan yang berbasis penggunaan internet dapat berupa e- commerce, promotion, branding dan chatting yang berhubungan dengan membangun prospecting atau kegiatan untuk memperoleh pelanggan baru.

Melihat banyaknya kegiatan yang dapat memanfaatkan internet, berikut merupakan 5 manfaat penting penggunaan internet dan dunia digital umumnya bagi penjualan produk Anda, sebagaimana berikut ;

  1. Jangkuan internet yang sangat luas dan tidak terbatas

Penggunaan internet yang sangat luas memungkinkan seorang pengusaha untuk dapat melakukan pengenalan produk melalui berbagai platform sosial media khususnya facebook, instagram, line dan platform digital lainnya. Pengenalan produk melalui channel ini menjadikan produk yang di buat menjadi mudah untuk di perkenalkan. Hal lain yang harus di perhatikan  justru bagi pengusaha itu sendiri, kebutuhan untuk membuat target pada area mana produk yang anda buat agar di kenal serta pada sekmen mana anda akan bermain. Agar produk anda dapat terindeks dengan baik perlu adanya dominasi terhadap page atau platform lainnya, yang dapat anda lihat DISINI.

 

  1. Low cost, high impact promotion

Penggunaan media sosial merupakan salah satu alat promosi yang amat ampuh untuk  pengenalan produk yang anda buat. Jika di bandingkan dengan promosi secara konvensional pengenalan produk secara on line sangat efektif terutama dari sisi penggunaan budget promosi. Promosi dengan menggunakan patform dengan media sosial dapat di gunakan dengan beberapa platform seperti facebook ads atau dapat di lakukan secara manual dengan invite teman-teman yang anda kenal.

  1. Kemudahan akses terhadap produk yang di jual

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa penggunaan aplikasi  media sosial   yang di gunakan sebagai saluran penjualan akan memberikan kemudahan bagi pelanggan anda untuk mengaksesnya selama 24 jam penuh, tanpa harus membuka dan menutup toko jika penjualan tersebut di lakukan secara konvensional. Kemudahaan akses ini akan menjadikan tingkat loyalitas pelanggan akan meningkat dari waktu ke waktu, karena tidak terbatasnya waktu.

  1. Meningkatkan engagement atau kerikatan dengan pelanggan

Meskipun kita tidak melakukan komunikasi bertatap muka, namun penggunaan berbagai aplikasi yang menunjang proses penjualan, dapat di lakukan melalui chatting dua arah, sehingga pelaku usaha dapat membina relasi secara personal sekaligus dapat menambah kepercayaan pelanggan.

  1. Hasil dapat di ukur dengan mudah

Penggunaan media sosial dalam proses  penjualan dapat di ukur tingkat keberhasilan seperti pada penjualan konvensional yaitu melalui terjadinya order atau konversi dari pengunjung menjadi pembeli. Untuk itu perlu di lakukan upaya untuk meningkatkan traffic atau lalulintas kunjungan ke platform media sosial yang anda pilih.

Untuk mempelajari tentang on line marketing dan hal-hal lainnya tentang ilmu manajemen bisa anda pelajari DISINI.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *