01 Jun 2016

“Bakepreneur” Istilah Keren Untuk Yang Mau Bisnis Bakery, Ini Asal Mulanya

ASAL  USUL KATA ENTREPRENEUR YANG BANYAK DIGUNAKAN DALAM ISTILAH POPULER

The entrepreneur builds an enteprise; the technician builds a job. – Michael Gerber-

….Entrepreneurs, people who start businesses and make businesses grow, are essential agents of change who accelerate the generation, application and spread of innovative ideas. In doing so, they not only ensure the efficients use of resources, but also expand the boundaries of economic activity.

Banner Promo crop (kontak)

Fostering Entrepreneurship, OECD 1998 –

Akhir-akhir ini demam virus wirausaha (enterpreneur) menjadi tren yang menggejala di tengah masyarkat kita. Sebelumnya,istilahWiraswasta lebih sering dipakai daripada istilah wirausaha yang merupakan padanan kata dari entrepreneur.

“Wira”berarti utama, gagah,luhur, berani, teladan, atau pejuang.”SWA” berarti sendiri. “STA” berarti berdiri.”SWASTA” berarti berdiri di atas kaki sendiri atau dengan kata lain berdiri diatas kemampuan sendiri.

Dengan demikian, WIRASWASTA berarti pejuang yang gagah, luhur, berani dan pantas menjadi teladan dalam bidang usaha. Atau, dengan kata lain WIRASWASTA adalah suatu keberanian untuk memulai suatu usaha baru dalam memenuhi kebutuhan dengan cara memecahkan permasalahan hidup melalui kekuatan yang ada pada diri sendiri.

Kata wirausaha merupakan gabungan dua kata yang menjadi satu yaitu  wira dan usaha. Wira artinya pahlawan, laki-laki, sifat jantan, perwira. Usaha artinya kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud.Usaha juga berarti pekerjaan (perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya) untuk mencapai sesuatu.

 Menurut Alma (2009:22) definisi wirausaha yang asal katanya adalah terjemahan dari entrepreneur. Istilah wirausaha ini berasal dari entrepreneur (bahasa Perancis) yang diterjemahkan ke dalam  bahasa Inggris dengan arti between taker atau go-between atau “to undertake” yang mempunyai arti “mengambil”.Meski demikian,  definisi  terebut mengalami perubahan terus-menerus sesuai dengan perkembangan zaman.

Sekarang , istilah entrepreneur didefinisikan sebagai orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan tindakan tepat guna mencapai sukses yang di harapkan. Untuk kelanjutan dunia entreprenur dapat di baca dalam buku UKM NAIK KELAS.

Sedangkan istilah Bakepreneur, merupakan gabungan dari kata “Bake” yang berarti memanggang dan kata entrepreneur. Jika di panjangkan istilah Bakepreneur tersebut memiliki definisi sebagai orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan usaha melalui proses pembuatan makanan melalui proses pemanggangan.

Untuk lebih lengkap apa aja yang di jelaskan dalam Buku UKM Naik Kelas silahkan lihat Di SINI

Berlangganan dan Download 3 E Book Bagus

Post advert

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Hallo ! Ada yang bisa dibantu?
Powered by