31 May 2016

Aneka Jenis Cake Dan Produk Turunannya Yang Belum Banyak Di ketahui

Cake merupakan produk makanan manis yang terbuat dari bahan utama tepung terigu, gula, telur dan margarin. Pada awalnya, cake berkembang dengan resep menggunakan empat bahan utama tersebut dengan perbandingan yang sama, yaitu 1 bagian tepung, 1 bagian gula, 1 bagian telur dan 1 bagian margarin, sehingga dikenal istilah Pound Cake.

Namun, berdasarkan perkembangannya ada yang mengistilahkan bahwa cake merupakan produk makanan berbusa (foamy) dari hasil pengocokan/aerasi tiga bahan utama, yaitu: tepung, gula, dan telur yang terkadang ditambahkan sedikit cairan/lemak cair. Cake jenis  ini di kenal nama Sponge Cake. Berikut contoh–contoh produk cake dari pengembangan kedua jenis produk cake, baik dari Pound Cake maupun Sponge Cake.

  • Pound Cake

Adalah jenis cake dengan tekstur padat yang biasanya dalam penyajiannya ditambahkan berbagai macam buah atau topping maupun disajikan dalam keadaan plain (polos/apa adanya) tanpa tambahan topping.

Banner Promo crop (kontak)
  • Sponge Cake

Adalah jenis cake yang biasanya dalam bentuk dome dengan tekstur agak ringan. Sponge cake biasanya digunakan untuk dasar pembuatan produk-produk seperti black forest yang di-coating  (disiram) dengan coklat dan dihias dengan butter cream.

Dari kedua jenis resep tersebut kemudian dikembangkan berbagai jenis varian cake yang kita kenal saat ini, seperti: Muffin, Swiss Roll, Mandarin Cake, Brownies dan lain sebagainya. Untuk  lebih mengetahui perihal cake  dan seluk beluk usaha cake anda dapat di baca dalam buku Cakepreneur.

Berlangganan dan Download 3 E Book Bagus

Post advert

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Hallo ! Ada yang bisa dibantu?
Powered by