13 Dec 2017

Bakepreneur Road Map Sebuah Peta Jalan Bagi Para “Entrepreneur” Di Bidang Bakery ; Layak Untuk Dipahami Agar Bisa Menjalankan Usaha Bakery Secara Berkelanjutan

(bagian 2 dari 2)

Industry Bakery masih menjadi  Promising Business atau usaha yang masih sangat menjanjikan. Angka kasar yang pernah dirilis oleh APEBI 2014 potensi bisnis Bakery yang ada di Indonesia sekitar 27 Trilliun Rupiah. Sedangkan jika dilihat dari besarnya wirasuaha di Indonesia yang pernah di rilis oleh departemen koperasi 2012 berkisar di angka 1,56% dan akan didorong menjadi 2% (4,8 juta di tahun 2014).

Sebagai kelanjutan tulisan sebelumnya tahap ke 3,  ruang lingkup yang perlu di simak sebagai peta jalan usaha bakery anda adalah ;

Banner Promo crop (kontak)

3. Product Development (PengembanganProduk)

Untuk menghindari kebosanan dan tingkat kejenuhan bagi pelanggan anda, maka perlu di lakukan pengembangan produk atau lebih tepatnya dilakukan inovasi  produk-produk yang menjadi trend setter atau acuan yang di gemari oleh pelanggan bakery, baik di Indonesia maupun di sekitar daerah anda.

Sebenarnya secara lebih luas bahwa sebagai Bisnis Owner, Anda harus melakukan proses perbaikan dari waktu ke waktu. Inovasi yang di lakukan dapat meliputi secara keseluruhan proses bisnis yang anda jalani. Kata Inovasi sendiri berasal dari penggalan kata In :artinya di dalam atau internal, Nova berarti ; sendiri atau bantuan orang lain dan kata  action yang berarti tindakan.

Sehingga secara keseluruhan Inovation merupakan proses tindakan perbaikan secara terus-menerus baik melalui orang lain (Consultant) atau  dilakukan sendiri secara internal perusahan. Sebagai prioritas perbaikan secara produk development dapat di lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut ;

3.1. Perbaikan untuk produk exisiting (produk yang sudah ada)

3.2. Pengembangan Produk-produk baru (new Product  Development)

3.3. Proses Development (Pengembangan proses produksi) untuk meningkatkan kualitas produk (cita-rasa, shelf life

dan efisiensi penggunaan energi)

3.4. Packaging Development (Pengembangan penggunaan kemasan agar shelf life produk lebih tahan lama dan lebih

menarik secara visual).

3.5. Recipe Re-calculating  untuk perhitungan Harga Pokok Produksi per SKU produk atau tiap item produk

 

4. Manajemen Usaha Bakery

Sedangkan secara keseluruhan untuk meningkatkan performa usaha Anda agar memiliki tingkat profit yang optimal, maka harus di lakukan peningkatan kontrolter hadap proses bisnis yang berkontribusi terjadinya in efisiensi.

Kontrol untuk meningkatkan efisiensi dapat di lakukan secara keseluruhan proses bisnis, mulai dari Sales, Inventory, Produksi hingga outlet dapat di lakukan dengan melakukan pemantauan stok secara real time dengan menggunakan Software berbasis ERP.

Perbaikan yang lain dapat di lakukan dengan pembuatan SOP (standard Operating Procedure) yang dapat di lakukan dengan cara merekrut seorang Konsultan yang telah berpengalaman dalam usaha bakery, guna memudahkan pekerjaan Anda. Mengapa hal ini perlu dilakukan?

Biasanya para bisnis owner sudah sangat sibuk dengan rutinitas harian dalam mengelola usaha, sehingga tidak sempat membuat operating procedure atau prosedur standar operasional yang akan meningkatkan keseragaman dalam bekerja sehingga dapat menghasilkan produk yang standar dari waktu ke waktu.

SOP ini sangat di perlukan dalam pembuatan cabang baru ataupun jika berkeinginan untuk mewaralabakan usahanya. Sebagai bahan untuk memahami segala proses produksi, cara penataan produk bahan baku terutama penataan tepung terigu dan bahan-bahan lainnya serta cara pengelolaan kebersihan dan kesehatan kerja, silahkan baca dalam bundling buku A-Z bakery yang telah di jabarkan dalam Bab 8.

 

5. Pengembangan SDM (pengembangan Sumber Daya Manusia)

Sebagai bagian dari pembinaan terhadap sumberdaya manusia yang ada dalam lingkup usaha Anda, maka sebagaimana usaha lainnya, maka harus di lakukan Pengembangan Sumber Daya yang anda miliki dengan melakukan Training , Briefing ataupun Coaching.

Training dapat di lakukan dengan merekrut para Trainer atau konsultan di Bidang yang ingin anda kembangkan. Pengembangan Sumber Daya ini dapat dengan menggunakan Training yang bersifat Teknis, Motivasi ataupun peningkatan Spiritual karyawan Anda. Untuk Training yang bersifat teknis produk dapat di lihat di SINI.

Untuk Modul Training dapat Anda minta sesuai kebutuhan para pekerja Anda, mulai dari pengembangan diri dalam pembuatanProduk, Leadership, Cara melakukan Handling Complaint, Problem Solving dalam Produksi, Customer Service, Pemahaman dalam Pembukuan (PelaporanLaba / Rugi) dan lainnya.

 

 

Berlangganan dan Download 3 E Book Bagus

Post advert

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Hallo ! Ada yang bisa dibantu?
Powered by