29 Jul 2019

4 HAL YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN DALAM MEMILIH OVEN YANG TEPAT, AGAR INVESTASI ANDA TIDAK MUBADZIR ALIAS SIA-SIA !

Oven merupakan alat yang di gunakan untuk memanggang adonan menjadi roti. Pemilihan oven yang di gunakan untuk proses pemanggangan roti harus di dasarkan pada pemahaman tentang proses panas yang terjadi di dalamnya.

Faktor-faktor yang di jadikan pertimbangan saat akan membeli  oven

  1. Sumber energy

 

Bahan bakar sebagai sumber energy yang di gunakan oven dapat berasal dari listrik atau gas, atau kombinasi keduanya.

a. Oven Gas

Oven berbahan  gas jauh lebih murah untuk digunakan dalam jangka panjang karena gas lebih terjangkau dan mudah di peroleh. Pilihan jenis  gas  yang di gunakan juga penting.

Gas propana lebih mahal daripada gas alam biasa, memilih oven gas alam dapat membantu menekan biaya operasional.

Hal yang perlu diperhatikan, bahwa oven gas memerlukan koneksi gas, dengan instalasi  yang bisa mahal untuk dipasang jika Anda belum memilikinya.

Tentunya dengan biaya instalasi gas akan menambah biaya didepan. Pada instalasi gas yang baik perlu dilengkapai peralatan keselamatan yang tepat, seperti selang pemutusan cepat dan saluran listrik, untuk meminimalkan risiko kebakaran dan cedera

b. Listrik

Oven listrik sangat mudah dipasang, cukup memasukkan steker ke stop kontak dan oven bisa langsung  mulai digunakan.

Oven listrik membutuhkan waktu lebih lama untuk memanaskan daripada oven gas, tetapi panas yang dihasilkan lebih konsisten sehingga produk makanan yang dipanggang akan lebih merata.

Oven listrik juga lebih mudah dibersihkan karena tidak memerlukan koneksi gas yang dapat tersumbat dengan minyak dan kotoran, dan lebih aman daripada oven gas, karena tidak ada risiko kebocoran gas dan kemungkinan resiko kebakaran lebih kecil.

 

  1. Ukuran

Untuk menentukan ukuran oven yang dibutuhkan, lakukan analisa ukuran ruang yang akan di sediakan untuk oven.

Dapur komersial besar dapat menampung  oven dengan banyak unit besar, tetapi toko roti yang lebih kecil perlu menganalisis denah lantai secara menyeluruh.

Faktor lain yang perlu Anda pikirkan adalah jumlah produk yang dipanggang yang perlu disiapkan untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Berapa banyak roti yang bisa dipanggang ke dalam oven pada saat yang bersamaan? Untuk produk yang di sajikan fresh from the oven, berapa lama masing-masing produk perlu dipanggang?

Berapa banyak pelanggan yang menunggu pesanan mereka pada waktu tertentu? Dan berapa lama Anda bersedia membuat pelanggan lapar Anda menunggu?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas akan memberikan gambaran seberapa besar oven yang Anda butuhkan.

 

  1. Jenis Produk

 

Evaluasi jenis produk yang akan di jual dan apakah oven tersebut akan di gunakan untuk melakukan pemanggangan berbagai produk? Atau apakah khusus untuk roti saja?atau campuran dengan produk pastry, cake dan cookies?

 

  1. Ventilasi udara

Ventilasi ruangan yang akan di gunakan untuk penempatan oven akan memegang peran yang perlu di pertimbangkan saat akan membeli oven.

Berdasarkan Kode etik pemadam kebaran Nasional, mengharuskan dapur komersial memasang sistem ventilasi yang sesuai untuk memastikan bahwa Anda menyediakan ruang kerja yang bersih dan aman.

Memiliki ventilasi yang tepat juga menghilangkan panas berlebih dari dapur Anda sehingga  jika anda menggunakan dapur yang ber – AC, tidak akan memboroskan energy listrik untuk AC yang berlebihan untuk mendinginkan area kerja.

 

TIPS MEMILIH OVEN

  • Sesuaikan antara besar kecilnya kapasitas produksi yang akan di buat dan biaya yang akan di keluarkan untuk pembiayaan sumber panas (solar, gas atau elektrik atau kombinsi antara keduanya)

 

  • Untuk Industri kecil atau skala menengah maka pilihan menggunakan oven gas dapat di pilih untuk meringankan investasi di awal.

 

  • Perhatikan produk yang akan di buat (di produksi), untuk produk yang sebagian roti, biskuit dan cake maka pemilihan Deck oven dapat di jadikan solusi, sedangkan khusus untuk produk pastry (adonan lipat) maka convection oven merupakan pilihan yang tepat.

 

  • Untuk produk khusus roti-roti eropa (crusty bread) maka pilih oven dengan lapisan batu (stone) dan memiliki steam injection.

 

  • Hindari mengguyur dengan air saat ingin membuat steam dalam oven, karena akan mempercepat kerusakan deck yang berfungsi sebagai konduktor (penghantar panas) oven .

Silahkan menghubungi kami di SINI untuk penjelasan atau konsultasi lebih lanjut atau baca buku INI.