30 Nov 2018

PASAR USAHA ROTI DAN KULINER YANG MENGGIURKAN ! SAYANG KALAU DI LEWATKAN

Berdasarkan laporan dari outlook on food service Industry in Indonesia  ;

Potensi pasar  food services di Indonesia pada tahun 2013 sebesar 22,23 Trilliun, dengan prediksi pertumbuhan antara (2010 – 2014) sebesar 8.7 % CAGR  (Compound Annual Growth). Sedangkan berdasar data statistik yang di sampaikan oleh menteri perdagangan,  industri kuliner di Indonesia tumbuh 8.16 % di tahun 2015. (https://www.indonesia-investments.com., 18 October 2018).

Melihat tren perkembangan Industri Jasa Makanan di atas , maka tidaklah berlebihan jika pilihan UNTUK berwirausaha di bidang Jasa Makanan merupakan pilihan yang tepat sebagai langkah awal usaha di bidang kuliner, termasuk di dalamnya untuk memulai dalam usaha bakery.

Bakery sebagai salah satu bidang yang berhubungan dengan jasa makanan merupakan sekmen produk yang lebih menggiurkan yang harus menjadi perhatian tersendiri. Berdasarkan data dari Euromitor yang di kutip oleh Gabungan Asosiasi Makanan Dan Minuman Indonesia (GAPMI) . Bisnis roti dan kue di Indonesia dalam periode 2010 – 2014 mengalami kenaikan 10%, sedangkan proyeksi pertumbuhan CAGR (Compound Annual Growth) sampai 2020, target potensi bisnis roti dan kuei nilainya mencapai 14% dengan nilai 20.4 T(www.kontan.co.id 30 october 2017).

 

Bagi para pelaku usaha bakery yang sudah berjalan, mereka tetap harus berusaha mempertahankan  eksistensi usahanya, ditengah-tengah kondisi pasar yang begitu menantang di tahun 2019 ke depan. Perlu adanya sebuah gambaran untuk melihat peta kekuatan internal perusahaan berikut tantangan pasar beserta kesempatan atau opportunity yang akan di kembangkan di tahun depan.

 

Guna menentukan langkah strategi tersebut, perlu melakukan evaluasi dengan melakukan refleksi sejenak untuk melihat kekuatan, menanggulangi kelemahan, mengoptimalkan kesempatan dan menurunkan dampak dari ancaman dalam lini usaha, melalui analisa SWOT.

Jika perusahaan Anda ingin melakukan SWOT analysis guna menentukan langkah strategi pada masa yang akan datang, Kami siap membantu melalui proses Coaching.

Analisa SWOT sangat berguna bagi para pelaku usaha, baik yang sedang dalam taraf membangun usaha ataupun yang sudah berjalan, guna mengembangkan bisnis pada skala yang lebih besar.

Apa sebenarnya SWOT analisis?

Analisa SWOT merupakan panduan yang di buat secara sistematis yang berfungsi sebagai dasar pertimbangan suatu perusahaan dalam mengambil keputusan dalam pengembangan usaha (ekspansi usaha) yang dijalankan .

Analisis ini akan membahas perihal Strenght (kekuatan usaha), yaitu kekuatan-kekuatan apa saja yang menjadikan sebuah usaha dapat berjalan dengan baik. Jika dilihat dari ilustrasi tentang SWOT analisis  Strength atau kekuatan dan Weaknesses merupakan faktor internal dalam usaha yang masih dapat kita kontrol dan kita ubah peta kekuatan dan kelemahannya.

Sedangkan disisi lainnya yaitu Peluang (Opportunities) dan Threats (Ancaman) merupakan faktor eksternal yang sebagian para pebisnis tidak punya kendali untuk mempengaruhinya, sebaliknya yang bisa di lakukan adalah melakukan respon faktor eksternal tersebut dengan langkah-langkah yang tepat dan mengurangi ataupun menghilangkan resiko yang akan terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *